Ming. Jun 16th, 2024
Siswa SMA Negeri Gopal Boro berada di gerbang sekolah saat sekolah kembali dibuka setelah ditutup selama 7 bulan karena pandemi Covid-19 di Guwahati, Assam, India, Senin (2/11). Hafiz Ahmed - Anadolu Agency

aksaralara.com – Sekolah Terapung di Assam India adalah inisiatif unik yang bertujuan untuk mengatasi masalah akses pendidikan di daerah-daerah yang rentan terhadap banjir tahunan. Berikut adalah beberapa informasi lebih lanjut tentang Sekolah Terapung di Assam India :

  1. Konteks Geografis:

    • Assam adalah negara bagian di timur laut India yang sering dilanda banjir musiman yang parah akibat luapan Sungai Brahmaputra dan anak sungainya. Banjir ini sering kali mengakibatkan rusaknya infrastruktur, termasuk sekolah-sekolah di daerah tersebut. Baca Juga Berita Tempo Terkini
  2. Solusi Inovatif:

    • Untuk mengatasi tantangan ini, beberapa sekolah di Assam telah membangun kelas-kelas di atas perahu bambu yang mengapung di permukaan air selama musim banjir. Sekolah terapung ini memungkinkan proses pendidikan tetap berlangsung tanpa terganggu oleh banjir.
  3. Akses Pendidikan:

    • Sekolah terapung ini memainkan peran penting dalam memastikan akses pendidikan bagi anak-anak di daerah-daerah terpencil yang mungkin terisolasi selama musim banjir. Dengan demikian, mereka membantu mengurangi kesenjangan pendidikan antara daerah perkotaan dan pedesaan.
  4. Kebutuhan Tambahan:

    • Namun, inisiatif ini tetap menjadi langkah positif dalam menghadapi masalah banjir di Assam.
  5. Dukungan dan Pengakuan:

    • Sekolah terapung di Assam telah mendapatkan pengakuan dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, LSM, dan masyarakat lokal. Mereka dianggap sebagai contoh nyata inovasi dalam pendidikan yang dapat diadopsi di wilayah-wilayah lain yang menghadapi tantangan serupa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *